Kompas.com - 28/03/2016, 11:15 WIB

KOMPAS.com - Psikolog Carl Jung menganggap warna sebagai alat penting dalam psikoterapi. Dia mencatat, bahwa setiap warna melambangkan suatu keadaan atau kondisi tertentu, seperti emas adalah lambang kedaulatan, spiritualitas dan intuisi.

Dalam dunia kesehatan, penggunaan warna untuk pil plasebo, juga digunakan, untuk mendapatkan efek yang diinginkan tanpa efek samping. Misalnya menggunakan pil merah sebagai stimulan dan pil biru untuk menimbulkan efek mengantuk.

Glasgow University di Skotlandia, pada tahun 2000, memasang lampu jalan berwarna biru, yang dilaporkan menghasilkan pengurangan tingkat kejahatan di daerah itu. Garis besarnya, warna dipercaya dapat digunakan sebagai terapi untuk menimbulkan efek psikologis tertentu dan membantu Anda mencapai tingkat kesehatan yang lebih optimal.

Inilah daftar warna yang umum digunakan untuk ruangan, pakaian dan perabotan dan efek mental yang dapat ditimbulkannya.

 

Merah
Merah adalah warna yang signifikan mencerminkan kegembiraan dan cinta, tetapi juga bisa menandakan hal negatif seperti marah, bahaya dan nafsu. Merah juga berhubungan dengan gairah, energi, kekuatan dan daya tahan.

Biru
Biru memainkan peran penting dalam memengaruhi kompetensi pribadi. Ini adalah warna yang melambangkan perdamaian, keamanan, kepercayaan, loyalitas dan intelektualitas. Biru juga merupakan warna yang mewakili maskulinitas.

Banyak organisasi perusahaan menggunakan warna biru. Kelemahan dari biru adalah, warna ini dikaitkan dengan depresi dan rasa takut.

Kuning
Kuning adalah warna yang menunjukkan cahaya dan energi. Juga dikaitkan dengan kebahagiaan, kreativitas, kegembiraan dan kebaikan. Kelemahan dari waarna kuning adalah, diasosiasikan dengan rasa iri dan ketidakstabilan.

Hijau
Hijau berarti kualitas atau rasa yang baik. Hijau adalah perwakilan dari alam, memiliki efek menyembuhkan, menciptakan kesegaran dan pertumbuhan. Kadang-kadan, hijau juga berarti cinta uang atau materi, iri hati dan rasa bersalah.

Oranye
Oranye berkaitan dengan kepercayaan diri, kesuksesan, sosialisasi dan keberanian. Oranye adalah warna yang ramah tapi kadang-kadang dapat dikaitkan dengan sesuatu yang menjelang atau sudah usang.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.