Kompas.com - 04/04/2016, 07:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Seperti yang dirilis Live Science, penelitian menunjukkan bahwa ibu dari anak kembar benar-benar memiliki kemungkinan hidup lebih lama, ketimbang ibu yang hanya melahirkan satu bayi pada satu waktu.

 

Wanita yang melahirkan dua anak sekaligus dinilai lebih kuat dari awal, khususnya dalam hal mental, sehingga mereka cenderung hidup lebih lama.

 

"Sebelum penelitian ini, kami malah berpikir sebaliknya," kata peneliti Shannen Robson dari University of Utah.

 

"Kami berpikir bahwa karena sebagian besar manusia hanya melahirkan satu bayi pada satu waktu, melahirkan dua akan sekaligus tentu akan sangat memberatkan, baik secara mental maupun fisik. Namun nyatanya, melahirkan anak kembar seakan “melahirkan” wanita-wanita yang luar biasa, orang-orang yang luar biasa secara fisik."

 

Wanita yang melahirkan bayi kembar dinilai sudah melakukan persiapan mental sejak bayi masih di dalam kandungan. Sehingga saat bayi terlahir, mereka telah mampu memprediksi skenario terburuk saat mengasuh bayi.

 

Begitu juga soal fisik, mengandung bayi kembar membutuhkan fisik yang kuat, sehingga wanita yang mengandung bayi kembar dinilai sudah terbiasa dengan “kelelahan” mengurus bayi.

 

Para peneliti juga menemukan, bahwa ibu yang melahirkan bayi kembar memiliki masa hidup reproduksi yang lebih lama, hanya membutuhkan sedikit waktu untuk pemulihan pasca melahirkan, dan memiliki kemungkinan besar untuk melahirkan banyak anak secara keseluruhan.

 

Pasalnya, setelah peneliti melihat tingkat kesuburan dari sekelompok wanita di tahun 1800-an di Utah, mereka menemukan bahwa ibu dari anak kembar, umumnya memiliki 2 anak lebih banyak ketimbang ibu lainnya.

 

"Dengan mengidentifikasi para ibu dengan bayi kembar, kami berharap dapat melihat apa saja yang membuat mereka lebih sehat, hidup lebih lama, dan memiliki bayi pada tingkat yang lebih cepat," kata Robson.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.