Kompas.com - 04/04/2016, 16:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Masalah pada mata sering kali tak disadari saat hamil. Ibu hamil umumnya lebih memperhatikan kenaikan berat badannya. Padahal, masalah pada mata juga bisa menjadi komplikasi serius yang memengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Berikut masalah paling umum pada indra penglihatan saat hamil.

- Pandangan kabur

Pandangan kabur merupakan masalah penglihatan yang paling umum terjadi ketika hamil. Dokter Brian Levine Colorado Center for Reproductive Medicine di New York, mengungkapkan, perubahan hormon saat hamil bisa memengaruhi kelengkungan lensa mata.

Waspadai jika pandangan terasa kabur pada trisemester ketiga karena bisa jadi disebabkan preeklamsia atau tekanan darah tinggi yang terjadi sekitar 5-8 persen ibu hamil. Preeklamsia bisa menyebabkan tekanan pada retina, berat pada retina, pendarahan retina, ablasi retina, bahkan stroke, hingga kebutaan.

- Lensa kontak tidak nyaman

Perubahan hormon, terutama estrogen selama kehamilan, dapat mengubah kelengkungan dan ketebalan kornea. Penggunaan kacamata tiba-tiba dibutuhkan meski ibu hamil tidak pernah memakai sebelumnya.

Jika sudah memakai lensa kontak sebelumnya, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman karena perubahan pada mata. Menurut survei di Inggris, sebanyak 26 persen wanita hamil mengalami perubahan pada kornea. Hal ini tak perlu terlalu dikhawatirkan.

Menurut dokter mata Anne Sumers perubahan tersebut sifatnya sementara dan akan kembali normal setelah melahirkan.

- Mata kering dan bengkak

Halaman:
Sumber foxnews

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.