Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tunggu Gejala Muncul, Segera Cek Gula Darah!

Kompas.com - 06/04/2016, 15:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Walau penyakit diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara total, tetapi bisa dikendalikan agar tidak sampai menimbulkan komplikasi penyakit lain.

Tentu saja untuk mengetahui apakah kita perlu mengendalikan gula darah perlu dilakukan pengecekan gula darah secara rutin. Terlebih diabetes pada awalnya tidak menimbulkan gejala apa pun.

"Orang dateng pas sudah loyo, banyak makan, banyak minum, banyak kencing, luka enggak sembuh-sembuh. kalau sudah ada gejala begitu baru periksa, ya sudah telat. Sudah gula itu," ujar ahli diabetes Prof. Dr. Sidarta Soegondo, SpPd-KEMD di sela-sela jumpa pers di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Sidarta mengungkapkan, jika memiliki satu saja faktor risiko, seharusnya rutin cek gula darah tanpa harus menunggu gejala muncul. Faktor risiko diabetes antara lain, kegemukan, jarang aktivitas fisik, pola makan tak sehat, merokok, dan ada riwayat keluarga.

"Ada satu saja keluarga yang diabetes, enggak harus bapak atau ibu, tapi misalnya ada paman yang diabetes, Anda juga harus periksa," kata Sidarta.

Sidarta mengatakan, pengecekan gula darah dilakukan untuk mengetahui masa prediabetes. Dengan  mengubah pola hidup menjadi sehat, prediabetes bisa tidak berkembang menjadi diabetes.

Sementara itu, jika diabetes dideteksi dini, biaya pengobatannya jauh lebih murah. Konsumsi obat-obatan pun lebih sedikit. Selain itu, deteksi dini diabetes tentu mencegah komplikasi penyakit lain, seperti stoke dan jantung.

"Dengan begitu bisa memperpanjang usia dan memperbaiiki kualitas hidup," lanjut Sidarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com