Kompas.com - 10/04/2016, 18:08 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kebiasaan makan yang tidak sehat juga dapat memengaruhi bagaimana kulit kita terlihat dan terasa dan dapat memberi efek yang merugikan pada penampilan. Berikut adalah zat-zat makanan yang dapat menyebabkan kulit menjadi sehat dan merusak penampilan.

 

Pengaruh Alkohol

Efek merugikan dari alkohol telah dikenal selama bertahun-tahun. Konsumsi alkohol yang berlebihan, yaitu lebih dari dua takaran perhari untuk pria dan satu takaran perhari untuk wanita, dapat menyebabkan tekanan darah naik, kerusakan pada otot jantung dan gangguan fungsi hati.

Minum alkohol berlebihan tidak hanya memengaruhi sirkulasi darah tetapi juga menyebabkan dehidrasi pada sel-sel tubuh, yang dapat membuat kulit Anda terlihat tua sebelum waktunya.

Kerusakan hati dapat mencegah penmbuangan racun dari tubuh, yang dapat membuat kulit terlihat kusam, kembung dan abu-abu.

 

Pengaruh Gula

Makanan dan camilan kita sehari-hari banyak mengandung gula dalam beberapa bentuk. Hal ini telah menyebabkan peningkatan kasus diabetes tipe-2 dan obesitas di banyak negara.

Gula dapat ditemukan dalam kue, permen, es buah, jus, es krim, snack, termasuk makanan rumah. Gula dapat membuat makanan menjadi lezat, tapi tidak menawarkan nilai gizi dan hanya menambahkan kalori kosong.

Gula berlebihan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, yang dapat memengaruhi jantung, pembuluh darah dan kemampuan untuk memetabolisme glukosa dari tubuh, seperti terjadi pada penderita diabetes. Gula juga telah dikaitkan dengan meningkatnya risiko jenis kanker tertentu.

Kulit Anda juga tak akan lepas dari tanda-tanda peradangan akibat gangguan sirkulasi tubuh ini. Kulit Anda jadi kendur dan kusam karenanya. Membatasi konsumsi gula tidak hanya akan menurunkan berat badan tetapi juga mengembalikan kesehatan kulit.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.