Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2016, 12:45 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Orang dewasa yang makan buah segar, seperti apel dan jeruk setiap hari, risiko kematian akibat serangan jantung atau strokenya berkurang sekitar sepertiga, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah makan buah.

"Konsumsi buah penting bagi kesehatan jantung Anda," kata pemimpin penelitian Dr. Liming Li, wakil presiden Chinese Academy of Medical Sciences, di Beijing.

Relawan studi yang makan buah paling sering memiliki tekanan dan gula darah paling remdah dibanding yang lainnya. Hal inilah yang menjelaskan tentang penurunan risiko serangan jantung dan stroke pada penggemar buah, kata Li.

Penelitian ini belum menemukan bukti langsung, antara konsumsi buah dengan rendahnya risiko terkena serangan jantung dan stroke namun jelas antara keduanya ada hubungan, kata Li.

Untuk penelitian ini, Li dan rekan mengumpulkan data lebih dari 500.000 orang dewasa, usia 30 hingga 79, antara 2004 dan 2009. Para relawan tidak ada yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Awalnya, kurang dari satu dari lima irang relawan yang rutin makan buah. Selama tujuh tahun, mereka yang makan buah setara dengan kira-kira setengah cangkir sehari memiliki risiko penyakit kardiovaskular jauh lebih rendah.

Studi ini telah diterbitkan di New England Journal of Medicine, 7 Januari lalu.

"Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab utama kematian dini secara global," kata Dr Gregg Fonarow, seorang profesor kardiologi di University of California, Los Angeles.

Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa diet tinggi buah berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah makan lebih banyak buah akan menghasilkan keuntungan kesehatan yang lebih banyak juga," kata Fonarow.

Samantha Heller, ahli gizi klinis senior di New York University Medical Center, mengatakan buah merupakan tambahan yang bagus untuk pola makan keseharian Anda.

"Buah adalah sumber vitamin, mineral, serat, dan mikronutrisi yang hebat," kata Heller. "Serat dalam buah-buahan membantu saluran pencernaan kita tetap sehat dan zat-zat lain di dalam buah membantu menjaga fungsi sel-sel otak kita."

Untuk memaksimalkan manfaat sehat buah-buahan, Heller merekomendasikan Anda mengonsumsi beragam buah setiap hari termasuk aprikot, pepaya, anggur, kiwi, melon, persik, pisang, jeruk dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com