Kompas.com - 13/04/2016, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seiring dengan bertambahnya usia, kualitas sel telur terus menurun. Wanita berusia di atas 30-an sebaiknya tidak menunda memiliki anak, karena peluang kehamilannya lebih rendah dibanding saat berusia lebih muda.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, wanita sehat berusia 30-an memiliki peluang hamil secara alami sekitar 20 persen setiap bulannya. Di usia 40-an, peluang itu turun sekitar 5 persen.

Hampir sepertiga wanita berusia 40-44 tahun tidak subur, jika dibandingkan dengan 22 persen wanita berusia 35-39 tahun. Sedangkan pada wanita berusia 25-29 tahun, hanya 9 persen saja yang tidak subur.

Kesuburan memang mulai menurun di usia 30 tahun, tapi terjadi secara bertahap selama lima tahun atau lebih. Di usia ini, jika wanita melakukan program bayi tabung peluang keberhasilannya lebih besar dibanding wanita berusia lebih matang.

Sementara itu, kesuburan akan terus menurun di atas usia 35 tahun sampai 39 tahun. "Penurunan itu karena sel telur mengalami penuaan sehingga menjadi makin sulit dibuahi," kata Benjamin Younger, dokter kandungan.

Dokter biasanya tidak merekomendasikan wanita di usia ini menunda kehamilan dan tidak terlambat memeriksakan diri ke dokter jika belum juga hamil setelah setahun melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi.

"Masalah terbesar pada pasangan infertil adalah menunda pemeriksaan. Ada perbedaan besar dalam peluang keberhasilan pada wanita di akhir usia 30-an dan awal 40-an," kata Ruth Fretts, dokter obgyn dari Harvard Medical School.

Di usia ini risiko gangguan kesehatan saat hamil juga lebih besar, antara lain hipertensi, diabetes kehamilan, dan juga kemungkinan melahirkan lewat operasi caesar.

Usia 40

Kabar baiknya, wanita berusia lebih dari 40 tahun yang mampu melahirkan bayi tanpa bantuan obat kesuburan atau program reproduksi berbantu, memiliki umur yang lebih panjang.
Mengapa demikian? Ternyata ada hubungannya dengan estrogen. Wanita usia subur memang memiliki kadar estrogen lebih tinggi. Hormon ini juga penting dalam menjaga kesehatna jantung, tulang, dan organ tubuh lainnya.

Walau begitu, wanita usia 40-44 tahun yang bisa memiliki bayi hanya sekitar satu persen dari populasi. Peluang kehamilan dalam satu bulan memang hanya sekitar 5 persen setelah usia 40.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Parenting

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.