Kompas.com - 15/04/2016, 18:57 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Masalah jantung dapat terjadi secara diam-diam, datang tiba-tiba, dan tidak terduga. Walau sering kali ada informasi yang telah diberikan oleh tubuh, tak jarang hal itu justru diabaikan.

"Khusus untuk perempuan, tanda-tanda atau gejala gangguan jantung tidak selalu mengikuti pola klasik," kata Kerry Hildreth, MD, asisten profesor penuaan dan kesehatan jantung di University of Colorado School of Medicine.

Terlepas dari jenis kelamin Anda, mengetahui apa yang harus diketahui mengenai gangguan jantung ini adalah kunci.

Sebagai permulaan, selalu perhatikan tekanan darah dan kolesterol. Demikian kata Paul Whelton, MD, seorang profesor epidemiologi di Tulane University School of Public Health.

Kemudian, waspada untuk satu atau lebih dari tanda-tanda potensi masalah sebagai berikut.

1. Nyeri dada atau nyeri otot

Tidak semua orang yang terkena serangan jantung terlihat seperti di film Hollywood (mencengkeram dada lalu jatuh ke lantai). Tekanan intens yang dirasakan, "Seperti ada gajah berdiri di dada Anda," kata Whelton, berarti Anda harus segera meminta bantuan medis.

Apabila merasa otot di dada Anda tertarik, itu bisa jadi dasar yang menandakan Anda terkena penyakit kardiovaskular. Demikian kata Ashley Simmons, MD, seorang ahli jantung di Rumah Sakit Universitas Kansas. Jadi, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda mengenai gejala ini.

Simmons mengatakan, nyeri yang diakibatkan masalah jantung tidak selalu menyakitkan. "Bisa saja terasa halus dan kadang menyebar ke bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan, leher, atau rahang."

"Nyeri dada yang muncul selama atau setelah olahraga atau ketika stres dan bertahan beberapa lama bisa menandakan adanya masalah dalam aliran darah," kata Simmons.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.