Kompas.com - 15/04/2016, 19:39 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan menyusui anak dan mempertahankan berat badan normal sebelum masa kehamilan, menurunkan risiko penyakit hati pada anak.

Studi ini menyarankan ibu menyusui secara eksklusif selama enam bulan ditambah dengan menjaga berat badan normal sebelum masa kehamilan dalam arti tidak overweight, untuk menurunkan kemungkinan penyakit hati pada anak.

Dr. Oyekoya Ayonrinde, dosen senior klinis untuk obat dan farmakologi di University of Western Australia dan penulis utama studi, mengatakan "Kami ingin melihat apakah ada hubungan antara penyakit hati, faktor ibu dan gizi bayi. Hasil penelitian kami menunjukkan, faktor dari ibu memiliki dampak serius terhadap risiko berkembangnya penyakit hati pada saat anak bertumbuh remaja."

Menyusui secara eksklusif selama sedikitnya enam bulan, mengurangi risiko penyakit hati dibandingkan dengan susu formula dalam botol.

Data tersebut didapatkan melalui kuesioner, wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan tes darah. Dari data yang dikumpulkan juga mengungkap bahwa anak-anak yang terkena risiko penyakit hati itu juga menderita obesitas.

Pemeriksaan ultrasound pada hati dilakukan pada 1.170 remaja berusia 17 tahun. Hasil menunjukkan, 15% di antaranya ditemukan memiliki penyakit hati serta kolesterol tinggi.

Penelitian lain yang disajikan di konferensi menemukan, bahwa menambahkan kopi untuk diet mereka dapat membantu mengembalikkan kondisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.