Kompas.com - 20/04/2016, 20:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kita tahu bahwa mencuci tangan Anda sering, vaksinasi, cukup tidur, dan makan makanan yang sehat adalah cara yang efektif untuk melindungi diri terhadap virus dan kuman lainnya. Tapi, mungkin ada yang tidak Anda sadari bahwa faktor-faktor lain dalam hidup juga bisa mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk melindungi dirinya sendiri.

Bagaimana tingkat stres Anda, berapa sering Anda minum alkohol, seberapa aktif hidup Anda, bahkan udara yang Anda irup dapat juga memengaruhi sistem imun tubuh.

 


Stres

Periode stres berkepanjangan yang intens dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, menurut National Cancer Institute.

Stres memicu produksi hormon kortisol, yang mengganggu fungsi sel T melawan infeksi, jelas John Spangler, MD, seorang profesor kedokteran keluarga dan masyarakat di Wake Forest Baptist Medical Center di North Carolina.

 


Kesepian

Merasa kesepian bisa merusak sistem kekebalan tubuh Anda, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimmunology pada bulan Desember 2014.

Penelitian, dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa peningkatan kecemasan terkait dengan kesepian menyebabkan tekanan pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerusakan tubuhang disebabkan oleh radikal bebas.

 


Gaya hidup tidak aktif

Seiring waktu, terlalu banyak duduk dan menghindari olahraga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, kata sebuah studi 2012 Januari di American Journal of Preventive Medicine.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.