Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hal Mengejutkan yang Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh

Kompas.com - 20/04/2016, 20:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kita tahu bahwa mencuci tangan Anda sering, vaksinasi, cukup tidur, dan makan makanan yang sehat adalah cara yang efektif untuk melindungi diri terhadap virus dan kuman lainnya. Tapi, mungkin ada yang tidak Anda sadari bahwa faktor-faktor lain dalam hidup juga bisa mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk melindungi dirinya sendiri.

Bagaimana tingkat stres Anda, berapa sering Anda minum alkohol, seberapa aktif hidup Anda, bahkan udara yang Anda irup dapat juga memengaruhi sistem imun tubuh.

 


Stres

Periode stres berkepanjangan yang intens dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, menurut National Cancer Institute.

Stres memicu produksi hormon kortisol, yang mengganggu fungsi sel T melawan infeksi, jelas John Spangler, MD, seorang profesor kedokteran keluarga dan masyarakat di Wake Forest Baptist Medical Center di North Carolina.

 


Kesepian

Merasa kesepian bisa merusak sistem kekebalan tubuh Anda, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimmunology pada bulan Desember 2014.

Penelitian, dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa peningkatan kecemasan terkait dengan kesepian menyebabkan tekanan pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerusakan tubuhang disebabkan oleh radikal bebas.

 


Gaya hidup tidak aktif

Seiring waktu, terlalu banyak duduk dan menghindari olahraga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, kata sebuah studi 2012 Januari di American Journal of Preventive Medicine.

Tanpa memandang usia, jenis kelamin, dan kebiasaan berbahaya lainnya seperti merokok dan minum alkohol, gaya hidup tidak aktif dapat menyebabkan peningkatan risiko kematian dini.

Gaya hidup tidak aktif dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu, peradangan, dan penyakit kronis lainnya, studi tersebut memperingatkan. Jadwalkan 30 menit olahraga rutin ke dalam rutinitas harian Anda.

 

Terlalu banyak olahraga

Terlalu banyak olahraga berat, atau sindrom overtraining, dapat melemahkan i tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi, menurut review di Acta Clinica Croatica Desember 2012.

Tapi sebuah studi 2014 menunjukkan bahwa aktivitas fisik moderat dapat membuat kerentanan Anda terhadap virus berkurang.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com