Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartini dan Tantangan Menekan Angka Kematian Ibu

Kompas.com - 21/04/2016, 07:16 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Raden Ajeng Kartini merupakan perempuan yang berjasa besar pada kesetaraan perempuan Indonesia dalam pendidikan. Hasilnya pun sudah bisa kita rasakan. Sayangnya, dalam hal kesehatan masih banyak pekerjaan rumah untuk diselesaikan.

Tak banyak orang yang ingat bahwa Kartini meninggal empat hari setelah melahirkan anak pertama dan satu-satunya pada 17 September 1904. Putri Bupati Jepara itu meninggal akibat perdarahan di usia 25 tahun.

Masih tingginya angka kematian ibu (AKI) di Indonesia adalah ironi karena Kartini meninggal lebih dari 100 tahun lalu. Hingga saat ini Indonesia masih berjuang untuk memperbaiki derajat kesehatan perempuan.

Hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 mengungkap, 359 per 100.000 ibu meninggal akibat kehamilan, persalinan dan nifas.

Sedangkan, data World Health Organization (WHO) menunjukkan, di Indonesia tercatat 190 kematian ibu tiap 100.000 kelahiran pada 2013.

Angka ini berada di peringkat ketiga paling buruk di negara anggota ASEAN, walaupun Indonesia menduduki tingkat ekonomi terbesar di ASEAN.

Penurunan AKI menjadi salah satu dari komitmen tujuan pembangungan global (Millennium Development Goals/MDGs) yang disepakati oleh pemerintah Indonesia tahun 2007.

Kementrian Kesehatan juga membuat Program Keluarga Sehat sejak akhir 2015 lalu. Program tersebut terdiri atas 12 indikator dan kesehatan ibu dan anak menjadi prioritas pertama dalam indikator keluarga sehat.

Pernikahan dini

Salah satu penyebab tingginya AKI adalah masih terjadinya praktif pernikahan dini. "Perkawinan usia dini memicu tingginya angka kematian ibu," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty, dalam sebuah acara.

Faktor lain yang juga menyebabkan tingginya AKI adalah hamil di usia terlalu muda, hamil di usia terlalu tua, jumlah anak terlalu banyak, dan jarak kehamilan terlalu rapat.

Sebagian besar ibu meninggal saat melahirkan akibat perdarahan dan infeksi. Mereka terlambat dirujuk atau telat mencapai fasilitas kesehatan, dan tidak mendapat pertolongan medis.

Hal lain adalah gizi. Anak balita yang kurang gizi bukan hanya membuat tumbuh kembangnya tertinggal, tapi juga membuatnya rentan mengalami berbagai komplikasi ketika kelak ia hamil.

Momen perayaan Hari Kartini hendaknya juga mengingatkan kembali akan pentingnya memperhatikan akses perempuan terhadap kesehatan, terutama ketika mereka hamil dan melahirkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com