Kompas.com - 21/04/2016, 21:45 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sosok Kartini sebagai pejuang wanita tentu takkan pernah terlupakan. Perjuangannya mengantarkan para wanita Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan pria. Tak heran, jika kini banyak perempuan yang memiliki kesuksesan sama dengan para pria. Bahkan, lebih.

Namun, kesuksesan dan keberhasilan juga harus diiringi dengan tubuh yang sehat. Bagaimanapun, kesehatan adalah faktor penting untuk mendukung pencapaian sukses Anda, baik sebagai wanita lajang, seorang ibu, ataupun wanita karir.

Menjaga kesehatan tidak hanya tidur cukup dan teratur, serta olahraga dan makan sehat. Anda sebagai wanita perlu melakukan tes-tes kesehatan. Gunanya, agar jika ada penyakit berbahaya dapat cepat diketahui dan diatasi. Lima tes kesehatan ini wajib dilakukan, bahkan dapat menyelamatkan nyawa wanita.

 

Tes kesehatan jantung

Kematian akibat serangan jantung hampir enam kali lebih besar dari jumlah perempuan yang meninggal akibat kanker payudara, menurut American Heart Association. Tapi itu tidak harus terjadi, kata Marianne J. Legato, MD, seorang profesor kedokteran klinis di Columbia University College of Physicians and Surgeons di New York City.

"Tanpa diragukan lagi, 80% penyakit koroner bisa dicegah dengan modifikasi gaya hidup yang tepat termasuk diet yang sehat dan meningkatkan aktivitas fisik," kata Legato.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara terbaik untuk tahu kesehatan jantung Anda adalah dengan tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol total, kadar kolesterol "baik" atau HDL, kolesterol "buruk" atau LDK, dan trigliserida.

"Jika ada gejala detak jantung tidak normal, nyeri dada, atau sesak napas, wanita harus melakukan echocardiogram stres," Legatomenyarankan. Echocardiogram biasanya dilakukan untuk menentukan apakah aliran darah berkurang ke jantung Anda.

 

Pap Smear

Tiga tahun setelah aktif secara seksual atau pada usia 21, mana saja yang lebih dulu, wanita perlu tes Pap Smertahunan untuk mendeteksi perubahan sel abnormal yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X