Kompas.com - 01/05/2016, 21:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru kembali membuktikan, merokok dapat memperburuk kualitas sperma. Ashok Agarwal dari Pusat American Center for Reproductive Medicinedi Klinik Cleveland mengkaji 20 penelitian yang melibatkan hampir 6.000 peserta.

 

Berdasakan penelitian yang dilaporkan di European Urology, pria perokok memiliki jumlah sperma lebih sedikit, terutama saat ejakulasi. Selain itu, bentuk sperma dan pergerakannya juga lebih buruk dibanding pria yang tidak merokok.

 

"Kami dapat mengatakan dengan jelas, merokok mengubah kesuburan pria. Untuk itu, berhenti merokok sangat disarankan bagi pasangan yang mencari kesuburan," kata Agarwal seperti dikutip dari Reuters.

 

Meski demikian, belum ada penelitian lebih lanjut yang melihat apakah kualitas sperma meningkat secara signifikan setelah berhenti merokok.

 

Sementara itu, menurut Anjay K Nagnia dari departemen urologi di University of Kansas d Hospital dan Medical Center di Kansas City, pengaruh merokok dengan sperma merupakan masalah serius.

 

Menurut dia, selama ini orang awam kebanyakan hanya mengaitkan rokok sebagai penyebab kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit jantung.

 

Padahal, kandungan bahan kimia pada rokok, seperti tar dan nikotin dapat masuk ke dalam aliran darah, berjalan ke air mani dan memengaruhi kualitas sperma.

 

Nangnia mengatakan, merokok juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria muda. Menurut dia, ereksi yang baik juga berkaitan dengan kesuburan pria.

 

"Merokok berdampak negatif pada semua sistem tubuh dan ini bahaya serius bagi kesehatan," kata Agarwal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.