Kompas.com - 03/05/2016, 18:39 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom lorong kapal adalah kondisi yang menyakitkan yang ditandai dengan rasa seperti terbakar, sakit, dan kekakuan pada tangan dan pergelangan tangan, dan kadang-kadang kilatan rasa sakit yang menyengat dari pergelangan hingga ke lengan.

 

Kita cenderung berpikir bahwa CTS adalah penyakit pekerja kantoran, tapi duduk di depan komputer bukan satu-satunya alasan orang menderita CTS. Menurut para ahli, biasanya CTS disebabkan oleh kombinasi faktor, seperti keturunan, retensi cairan, atau kondisi seperti diabetes dan radang sendi.

 

Kabar baiknya adalah, Anda dapat mencegah gejala nyeri di pergelangan tangan karena CTS dengan mengikuti tips di bawah ini.

 

1. Berikan waktu istirahat bagi pergelangan tangan Anda
Saat ke kamar mandi, perlahan gerakan masing-masing telapak tangan ke atas dan ke bawah mulai dari pergelangan. Tahan selama beberapa detik di setiap gerakan lalu lenturkan telapak, termasuk jari-jari Anda juga.

 

2. Gunakan lebih sedikit energi
Anda tidak perlu mengetik di keyboard komputer atau memegang pena Anda dengan begitu erat agar benda-benda itu berfungsi dengan benar. Sebuah sentuhan ringan akan membantu tangan Anda rileks.

 

3. Bekerja dengan postur tubuh yang benar
Duduk merosot ke depan dapat menempatkan tekanan pada pergelangan tangan dan lengan Anda. Berikut saran dari Gregory Thielman, PT, seorang profesor terapi fisik di Science University di Philadelphia:

- Jaga telapak kaki Anda rata dengan meja dan pandangan Anda sejajar dengan monitor komputer. Jika Anda memiliki kursi yang tinggi, gunakan sandaran kaki untuk menjaga kaki Anda pada posisi datar menjejak lantai.

- Pastikan kursi Anda mendukung kurva punggung bawah dan tulang belikat Anda.

- Secara teratur berjalan-jalan di sekitar kantor selama 60 detik atau berdiri untuk memperbaiki postur tubuh. Lakukan ini setidaknya lima kali selama waktu kerja.

- Untuk meminimalkan stres pada sendi, menjaga pergelangan kaki, lutut, dan pinggul pada sudut 90 derajat.

 

4. Jaga tangan Anda tetap hangat
Berada di ruang dingin membuat tangan Anda kaku, yang dapat menyebabkan rasa sakit. Jika Anda tidak dapat menyesuaikan suhu ruangan, cobalah mengenakan sepasang sarung tangan. Anda mungkin merasa konyol pada awalnya, tetapi tangan Anda akan berterima kasih.

 

5. Berlatih yoga
Setiap bentuk latihan kekuatan dan peregangan akan baik untuk sendi Anda, dan yoga khususnya diciptakan untuk mengurangi rasa sakit dan menjaga pergelangan tangan Anda tetap fleksibel.

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X