Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2016, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Gangguan memori jangka pendek, seperti lupa nama seseorang atau lupa meletakkan kunci mobil, mungkin sering kita alami. Kabar baiknya, penyebab gangguan memori tersebut bisa kita atasi dengan mudah.

Ketahui apa saja penyebabnya dan perbaiki gaya hidup untuk menjaga daya ingat senantiasa prima.

1. Kurang tidur
Cukup tidur setiap malam adalah rahasia memiliki ingatan yang tajam. Dalam sebuah penelitian tahun 2015 disimpulkan, pria yang hanya tidur 4 jam setiap malam, cenderung mengalami gangguan daya ingat saat berada dalam situasi stres.

2. Sifat pencemas
Ketika Anda sedang mengkhawatirkan banyak hal, dan Anda juga sedang belajar sesuatu yang baru, maka kecemasan Anda akan mengurangi kemampuan belajar. Kecemasan akan membuat kita kurang fokus, kurang mendengar, sehingga sulit mengingat.

3. Banyak duduk
Jika Anda tidak aktif seharian, misalnya karena pekerjaan mengharuskan banyak duduk, hal ini bisa membuat kita sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik. Pada akhirnya, kemampuan memori pun berkurang.

4. Mengonsumsi obat
Ada obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping pada kemampuan mengingat. Misalnya saja antihistamin untuk obat antialergi atau obat antidepresan.

5. Menjelang menopause
Hormon estrogen mampu melindungi fungsi kognisi. Sayangnya, kadarnya akan terus menurun seiring usia. Pada wanita, menjelang menopause estrogen akan berkurang banyak, sehingga salah satu gejala yang dialami adalah jadi pelupa.

6. Banyak gangguan
Instagram, Facebook, Twitter, email, dan juga grup percakapan di ponsel, membuat kita mudah terdistraksi. Otak kita tidak bisa menghadapi banyak stimulasi sekaligus sehingga kita sulit memusatkan perhatian pada satu hal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com