Kompas.com - 12/05/2016, 18:31 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Semua orang pernah mengalami rambut rontok. Biasanya hal ini terlihat saat mandi pagi, saat menggunakan mesin pengering rambut, atau ketika bersisir. Jangan khawatir, itu normal.

 

"Rata-rata, kita kehilangan lima puluh sampai seratus rambut sehari," kata Francesca Fusco, MD, dermatolog di New York City yang mengkhususkan diri dalam rambut rontok. "Dan akan ada rambut baru yang akan tumbuh menggantinya."

 

Tapi rambut rontok mungkin juga merupakan gejala kondisi medis yang lebih serius yang perlu evaluasi oleh dokter kulit dan mungkin menjalani pengobatan. Berikut sembilan penyebab rambut rontok dan bagaimana menanganinya.

 

1. Hypothyroidism

Jutaan orang, kebanyakan dari mereka perempuan, menderita penyakit tiroid. Ketika tubuh Anda menghasilkan hormon tiroid terlalu sedikit, Anda dikatakan memiliki hipotiroidisme, atau tiroid kurang aktif. Kondisi ini akan memengaruhi metabolisme, denyut jantung, dan suasana hati.

Jika tubuh Anda membuat terlalu banyak hormon, Anda dikatakan memiliki hipertiroidisme, atau tiroid yang terlalu aktif. Ketika Anda tidak memiliki jumlah hormon yang tepat, Anda mungkin melihat perubahan dalam fungsi tubuh. Salah satunya mengalami kerontokan rambut.

Apa yang dapat Anda lakukan: Periksakan diri pada dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk membuat hormon tiroid kembali normal.

 

2. Keturunan
Rambut rontok yang diturunkan secara genetik dikenal sebagai androgenetic alopecia. Menurut American Academy of Dermatology, ini adalah penyebab paling umum.

Gen ini diwariskan dari sisi ibu atau ayah, Anda lebih mungkin untuk mengalami kerontokan rambut jika kedua orang tua Anda memiliki masalah kerontokan rambut.

Apa yang dapat Anda lakukan: Memperlambat rambut rontok dengan memakai minoxidil (Rogaine) ke kulit kepala sebanyak dua kali sehari.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.