Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Ini Tak Sengaja Telan Alat Pelacak Aktivitas Fisik

Kompas.com - 13/05/2016, 15:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com –Seorang remaja wanita tak sengaja menelan Misfit Shine, yaitu alat pelacak aktivitas fisik tanpa kabel, saat sedang berenang. Remaja berusia 13 tahun itu mengaku tengah mengigit Misfit Shine sambil berenang, kemudian tak sengaja tertelan.

Hasil sinar X-Ray pun menunjukkan Misfit itu telah berada di perutya. Gadis itu kemudian langsung dibawa ke rumah sakit. Namun, tim dokter dari Brian Allgood Army Community Hospital di  Yongsan, Korea Selatan itu tak langsung melakukan operasi.

Dokter menunggu 30 jam terlebih dahulu untuk melihat apakah perangkat tersebut bisa dikeluarkan melalui sistem pencernaan. Nyatanya, alat itu tetap berdiam di tempat yang sama. Dokter khawatir, baterai litium dari perangkat tersebut terlepas dan bersarang di dalam perut. Hal ini dapat mengganggu kesehatan perut, termasuk ususnya.

Akhirnya, tim dokter memutuskan mengambil alat pelacak tersebut menggunakan prosedur endoskopi. Endoskopi dilakukan dengan memasukkan pipa fleksibel yang disertai kamera untuk melihat ke dalam perut. Para dokter kemudian menggunakan alat khusus yang biasa digunakan untuk mengeluarkan benda asing melalui kerongkongan gadis itu.

Saat diambil dari perutnya, Misfit itu ternyata masih bisa menyala. Ketika disinkronkan ke smartphone, Misfit tetap bisa merekam aktivitas gadis itu saat berenang.

Operasi berjalan lancar. Gadis itu kembali pulih dan langsung pulang dari rumah sakit pada hari berikutnya. Kasus ini dilaporkan di jurnal Case Reports in Gastrointestinal Medicine.

Misfit Shine biasa digunakan saat olahraga untuk mengetahui berapa jarak yang sudah ditempuh, aktivitas yang dilakukan, penghitungan kalori, hingga siklus tidur. Bentuknya bulat dan memang tidak telalu besar. Misfit biasanya dipakai di tangan seperti jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com