Kompas.com - 14/05/2016, 12:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Awet muda dan cantik ternyata tidak hanya berlaku di wajah saja, tetapi juga untuk "Miss V". Sejumlah wanita memilih jalan pintas dengan menjalani operasi untuk mengencangkan dan merapikannya lagi.

"Labiaplasti, prosedur yang mengurangi ukuran bibir vagina, adalah tren yang berkembang pesat," ujar Maura Reinblatt, MD, asisten profesor operasi plastik dan rekonstruksi di Ichan School of Medicine Mount Sinai.

"Setiap tahun semakin banyak wanita yang tertarik menjalaninya," katanya.

American Society for Aesthetic Plastic Surgery mengatakan, pada 2015, terdapat 8.745 wanita menjalani labiaplasti di AS. Setahun sebelumnya hanya 7.535 wanita.

Mungkin itu termasuk peningkatan yang tak terlalu banyak. Namun, Reinblatt mengatakan, ketika ia membuka klinik sembilan tahun lalu, hanya ada satu pasien dalam sebulan yang ingin dioperasi. Saat ini, ia melihat banyak pasien setiap hari.

Sebagian besar wanita menginginkan bibir vagina yang lebih tipis untuk alasan kosmetik. Namun, kadang labiaplasti dibutuhkan karena alasan medis, misalnya karena bentuk labia yang ada mengganggu kegiatan sehari-hari atau menyebabkan ketidaknyamanan.

Namun, labiaplasti bukanlah operasi untuk bintang porno atau mereka yang ingin terlihat seperti Barbie. Reinblatt melihat para wanita muda yang menaruh perhatian pada ketidaksimetrian dan mereka yang senang pakai baju ketat membutuhkan operasi ini. Juga mereka yang senang bersepeda karena gesekan dengan sadel terasa amat menyakitkan.

"Sebagian besar mereka meminta labiaplasti karena tak mampu melakukan aktivitas yang diinginkan," katanya.

Prosedur operasi yang satu ini amat populer di kalangan orang fitness. Reinblatt mengatakan cukup banyak kliennya berasal dari kalangan atlet.

"Beberapa pasien adalah pelari. Sisanya pesepeda atau atlet triatlon. Saya sering juga menemui wanita yang suka yoga dan tak nyaman mengenakan celana ketat karena ada gumpalan di celana," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber SHAPE

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.