Kompas.com - 15/05/2016, 11:17 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sejumlah penelitian menunjukkan berbagai manfaat kopi bagi kesehatan. Namun, minum kopi sebaiknya jangan berlebihan. Berikut 6 tanda Anda sudah terlalu banyak minum kopi. Menurut American Dietetic Association, konsumsi kafein sebaiknya tidak lebih dari 300 mg per hari atau lebih dari 2-3 cangkir kopi.

 

1. Sakit perut
Seperti dikutip dari WebMD, ilmuwan Eropa mengatakan, minum kopi dapat merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel di perut. Hal ini dapat membuat perut sakit. Jika Anda memiliki refluks asam, hindari minum kopi.

 

2. Jantung berdebar
Jantung berdetak cepat atau berdebar bisa jadi tanda terlalu banyak minum kopi. Hal ini karena kopi mengandung kafein. Berhentilah minum kopi jika jantung Anda tiba-tiba berdetak cepat.

 

3. Diare
Menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders, minum kopi lebih dari dua sampai tiga cangkir sehari bisa menyebabkan Anda diare. Jika Anda mulai bolak-balik ke kamar mandi, sebaiknya kurangi dulu konsumsi kopi secara bertahap.

 

4. Tidak bisa tidur
Tidak bisa tidur merupakan tanda paling umum ketika Anda terlalu banyak minum kopi. Menurut Mayo Clinic, kopi dapat menyebabkan Anda terbangun dari tidur pada malam hari sehingga mengurangi waktu tidur.

Untuk mengatasi masalah ini, jangan minum kopi sebelum tidur. Minumlah paling lambat pada siang hari.

 

5. Gelisah
Tiba-tiba merasa gelisah? Mungkin Anda terlalu banyak minum kopi. Menurut Livestrong, kandungan kafein pada kopi bisa mempercepat sistem saraf pusat dan membuat Anda gelisah serta menjadi lebih waspada.

 

6. Sakit kepala
Minum kopi mungkin dapat membantu meringankan sakit kepala. Tetapi, jika terlalu banyak minum kopi, justru bisa membuat Anda pusing. Konsumsi kafein yang berlebihan yaitu sebanyak 500 mg atau setara dengan lima cangkir kopi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.