Kenali 12 Gejala Depresi pada Pria

Kompas.com - 17/05/2016, 08:25 WIB

KOMPAS.com - Depresi klinis dapat menyebabkan kesedihan dan kehilangan minat dalam kegiatan, sekalipun aktivitas itu menyenangkan.

Terlepas dari jenis kelamin, gejala yang muncul untuk mendiagnosa depresi antara wanita dan pria cenderung sama dengan beberapa perbedaan. Inilah selusin gejala depresi yang umumnya dialami pria.

 

1. Kelelahan
Pria yang mengalami depresi menjalani serangkaian perubahan fisik dan emosional. Mereka bisa mengalami kelelahan, serta retardasi psikomotorik, atau perlambatan gerakan fisik, ucapan dan proses berpikir.

 

2. Masalah tidur
Masalah tidur seperti insomnia, bangun sangat awal di pagi hari, atau tidur berlebihan adalah gejala depresi umum.

 

3. Sakit perut atau sakit punggung
Masalah kesehatan seperti sembelit atau diare, dan atau sakit kepala dan sakit punggung, umum ditemukan pada orang yang mengalami depresi.

 

4. Iritabilitas
Alih-alih tampak murung, pria yang mengalami depresi sering menunjukkan tanda-tanda lebih sensitif.

Sering berbicara tentang perasaan, serta pikiran negatif adalah aspek umum dari depresi pada pria.

 

5. Sulit berkonsentrasi
Retardasi psikomotorik dapat memperlambat kemampuan pria untuk memproses informasi, sehingga mengganggu konsentrasi pada pekerjaan atau tugas lainnya.

 

6. Marah dan Bermusuhan
Beberapa pria memanifestasikan depresi dengan bermusuhan, marah, atau agresif. Seorang pria yang menyadari ada sesuatu yang salah mungkin perlu untuk mengkompensasi dengan menunjukkan bahwa dia masih kuat dan mampu.

 

7. Stres
Pria mungkin lebih mungkin melaporkan gejala depresi stres. Ini bukan berarti bahwa mereka memiliki lebih banyak stres, itu bahwa itu lebih diterima secara sosial untuk melaporkannya.

 

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X