Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2016, 14:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Pria sejatinya perlu rutin mencuci wajah setiap hari. Seberapa sering pria perlu membersihkan wajah?

Dr Terrence Keaney, ahli kulit yang bekerja untuk Dove Men+Care, merekomendasikan pasien pria mencuci wajah dua kali sehari saja.

"Ketika Anda mencuci wajah, sabun atau pembersih yang digunakan tak hanya menghilangkan kotoran dan keringat tapi juga lemak alami di kulit. Jika sering dicuci justru mudah terjadi iritasi," kata Keaney.

Ia mengingatkan pria agar tak terlalu "agresif" saat merawat kulit. Ini juga berlaku untuk kulit tubuh. Ia tak menyarankan untuk mencuci berlebihan atau menggosok kulit terlampau keras.

"Saya selalu memeringatkan dan mencoba mencegah masyarakat agar tak mencuci berlebihan yang menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit," ujarnya.

Jadi apa yang perlu pria lakukan setiap hari? Basuhlah wajah dengan sabun wajah sekali di pagi hari ketika bangun dan di malam hari sebelum tidur. Pria juga disarankan untu memakai pelembab setelah mencuci wajah untuk mengembalikan kelembaban yang hilang di kulit.

Pria juga boleh membasuh wajah di tengah hari setelah selesai melakukan aktivitas yang membuat wajah kotor berkeringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com