Kompas.com - 18/05/2016, 18:31 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ketika seseorang melihat tomat dengan bentuk yang tidak bulat mulus, atau wortel yang terlihat seperti kaki boneka horor, mungkin mereka akan menghindari itu dan membeli sayur dengan bentuk yang lebih indah.

 

Tetapi, ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran yang tampak tidak indah tak akan menyakiti Anda, melainkan benar-benar bisa memberikan nilai gizi yang lebih besar ketimbang hal-hal yang lebih cantik.

 

Sebuah studi dari knotweed Jepang, pabrik dengan tradisi panjang dalam pengobatan herbal Cina dan Jepang, menemukan bahwa sebuah apel dengan bagian yang tertutup keropeng memiliki senyawa antioksidan fenolik yang lebih sehat, disebut phenylpropanoids, ketimbang apel yang mulus.

 

Studi juga menunjukkan, bahwa apel yang tumbuh di sekitar daun yang terinfeksi dengan jamur memiliki senyawa fenolik 10 sampai 20 persen lebih tinggi.

 

Sudah banyak bukti yang menyatakan produk organik memang mengandung lebih banyak antioksidan. Sehingga, petani organik tidak bisa mengandalkan pestisida seperti produk konvensional, akhirnya beberapa buah dan sayur memiliki noda atau keropeng akibat penyinaran matahari atau terserang hama.

 

Penelitian menunjukkan, buah dan sayuran organik memiliki 20 sampai 40 persen lebih banyak antioksidan (flavonoid, asam fenolik, karotenoid) yang dihasilkan ketika tanaman diserang oleh hama. Bahkan, memiliki rasa yang lebih manis ketimbang buah dan sayur yang tampak cantik tanpa noda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.