Kompas.com - 19/05/2016, 20:17 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Peroksida merupakan bahan utama di sebagian besar produk pemutih gigi rumahan. Umumnya, produk tersebut dianggap aman dan bekerja dengan membentuk gelembung pada enamel gigi yang mampu mengangkat noda gigi.

Produsen mengatakan, efek samping yang paling umum terjadi dari pemakaian yang sering ialah sensitivitas gigi, namun para ahli memiliki pendapat yang berbeda ketika Anda memutuskan untuk memutihkan gigi Anda di rumah.

"Konsumen memiliki akses untuk mendapatkan produk pemutih gigi. Sayangnya, beberapa produk justru dapat merusak gigi Anda," kata Dr. Gerry Curatola dari Rejuvenation Dentistry di New York City.

"Beberapa dari produk tersebut menggunakan konsentrasi pemutih terlalu tinggi yang umumnya berbentuk hidrogen peroksida."

Selain itu, beberapa produk pemutih gigi mengandung asam yang bisa menyebabkan kerusakan, yaitu kerusakan pada jaringan lunak di mulut seperti gusi, lidah atau tenggorokan.

Ketika sering digunakan, lanjut Curatola, produk ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada mineralisasi dan enamel gigi Anda. Jadi, jika Anda melihat warna biru neon pada gigi, itu dapat menjadi pertanda over-whitening, Curatola mencatat.

Pemutih gigi bisa membuat orang-orang kecanduan, sehingga terus-menerus melakukan pemutihan gigi dengan produk pemutih gigi rumahan, seperti pemutih dalam bentuk pasta gigi, obat kumur, atau jenis pemutih gigi lainnya. Padahal, rutinitas ini bisa membuat gigi menjadi rusak.

"Anda hanya boleh memutihkan gigi Anda dalam waktu singkat dan itu harus dilakukan tidak lebih dari 2 bulan sekali," kata Curatola.

"Sehingga, saya benar-benar merekomendasikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi secara langsung, atau melakukan proses ini di bawah pengawasan dokter gigi."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.