Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Mengakses Media Sosial Ganggu Kepercayaan Diri

Kompas.com - 20/05/2016, 10:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Mulai dari foto model fitnes, foto-foto cantik dan seksi editan, hingga gambar teman-teman dengan kehidupan yang terlihat sempurna, apa yang ditampilkan oleh media sosial dapat menimbulkan ketidaknyamanan atas tubuh kita sendiri, kata Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics.

 

Para peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine mensurvei lebih dari 1.700 orang dewasa usia antara 18 dan 32 tahun tentang media sosial dan penghargaan terhadap tubuh sendiri. Temuan para ahli tidak menggembirakan.

 

Mereka menemukan, bahwa orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mengakses timeline media sosial, dua kali lebih mungkin untuk memiliki masalah dengan citra tubuhnya.

 

Orang yang sering login ke akun media sosialnya, dua setengah kali lebih mungkin memiliki masalah pola makan dan kekhawatiran atas citra tubuhnya, dibandingkan dengan mereka yang lebih sesikit mengakses media sosial.

 

Yang lebih menarik adalah bahwa jenis kelamin, ras, usia, dan pendapatan tidak memiliki pengaruh pada media social memengaruhi pikiram seseorang terhadap citra tubuhnya, semua kelompok sosial demografis dapat terpengaruh hal yang sama.

 

Satu peringatan penting dari para peneliti: Kita dianjurkan untuk membatasi kunjungan ke media sosial dan lebih banyak membangun diri dan berinteraksi di dunia nyata.

 

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan efek negatif adiksi media sosial, yaitu dapat menganggu atau memundurkan waktu istirahat Anda, menyebabkan Anda bangun terlalu siang atau kurang tidur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com