Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutin Pakai Obat Kumur Cegah Sariawan Pasien Kanker

Kompas.com - 20/05/2016, 10:38 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Obar kumur antiseptik ternyata bukan hanya bermanfaat membersihkan rongga mulut. Lebih dari itu, berkumur dengan obat kumur antiseptik dapat mencegah terkena flu hingga mengurangi sariawan pada pasien kanker.

Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura Jeeve Kanagalingam menjelaskan, obat kumur yang mengandung antiseptik povidone iodine ampuh mencegah infeksi virus maupun bakteri.

Jeeve mengungkapkan, hal itu pernah dibuktikan dalam penelitian di Jepang saat musim flu. Dalam penelitian itu ditemukan, kelompok anak-anak yang rutin kumur-kumur dengan antiseptik lebih sedikit terinfeksi virus influenza.

“Obat kumur antiseptik bisa digunakan setiap hari. Anak-anak usia 6 tahun kalau sudah bisa kumur-kumur boleh menggunakannya,” kata Jeeve di sela-sela acara Hand Over Ceremony of Betadine kepada PT.Mundi Pharma di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Selain itu, obat kumur antiseptik juga membantu mengurangi sariawan berlebihan atau disebut oral mucositis pada pasien kanker yang menjalani radiasi dan kemoterapi.

Penurunan daya tahan tubuh setelah menjalani radiasi dan kemoterapi bisa menyebabkan oral mucositis. Pasien akan mengalami kesulitan makan, bahkan berbicara akibat terlalu banyak sariawan di mulut.

“Pasien kanker selama menjalani perawatan yang kumur-kumur dengan obat kumur antiseptik empat kali sehari dan 10 ml setiap kali kumur efektif menurunkan sariawan yang besar-besar itu,” jelas Jeeve

Menurut Jeeve, obat kumur aman digunakan 3-5 kali sehari dengan berkumur selama 30-60 detik. Namun, tidak disarankan digunakan oleh pasien tiroid, wanita hamil dan menyusui, serta orang yang hipersensitif terhadap iodium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com