Kompas.com - 21/05/2016, 15:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sebagai manusia, rasanya tak mungkin kita lepas dari perasaan cemas. Ketidakpastian pekerjaan, keuangan, kesehatan, hingga urusan cinta, bisa membuat kita sering dilanda rasa cemas.

Seringkali, kecemasan itu menguasai pikiran kita sehingga menimbulkan gangguan fisik. Rasa takut mati misalnya, bisa membuat kita jadi takut keluar rumah atau panik jika membaca berita-berita kriminal. Kualitas hidup pun menurun.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan mengusir kecemasan di kondisi sulit. Berikut adalah 5 kiat untuk mengusir rasa cemas dengan instan. Beberapa tips ini mungkin terlihat sederhana, tapi penelitian menunjukkan cara ini memberikan hasil efektif.

1. Tarik napas
Saat sedang cemas, detak jantung kita meningkat, napas menjadi cepat dan tubuh menjadi tegang. Napas yang cepat dan dangkal, bisa mengurangi oksigen ke otak, sehingga kemampuan kita berpikir jernih menurun.

Kapan pun Anda merasa cemas, ambil napas panjang dan dalam. Lakukan berulang kali sampai kita merasa tenang. Bila Anda sedang berada di dalam ruangan, bukalah jendela atau keluar untuk menghirup udara segar.

2. Gerakkan tubuh
Saat merasa tekanan pada tubuh, berdirilah dan lakukan gerakan-gerakan kecil, misalnya menggoyangkan lengan dan kaki, untuk melepaskan energi cemas. Lanjutkan dengan mengambil napas dalam.

3. Percikkan air ke wajah
Membasuh wajah atau hanya memercik air dingin ke wajah, akan memicu rasa rileks dan detak jantung melambat. Bila Anda sedang memakai make up, percikkan bagian leher.

4. Hindari gula dan kafein
Ketika hari-hari Anda dipenuhi rasa cemas, hindari makanan dan minuman yang mengandung gula atau kafein. Penelitian menunjukkan, kedua jenis zat itu justru meningkatkan level stres.

5. Minum teh chamomile
Teh chamomile diketahui memiliki efek menenangkan dengan cepat.

psychology today

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.