Kompas.com - 22/05/2016, 15:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Beth Lipton, editor kuliner di situs kesehatan Health. Sebagai editor kuliner, kewajibannya adalah mencicip beragam dan banyak jenis makanan hampir setiap hari. Tapi, hal itu tak lantas membuatnya jadi kelebihan berat badan atau harus diet mati-matian setelah sesi icip-icip makanan. Apa rahasianya bisa makan banyak tanpa harus menjadi gemuk?


1. Lebih aktif

Bagi sebagian orang, mengurangi porsi makan adalah sesuatu yang sangat sulit. Baru satu kali diet, otak terus membayangkan berbagai jenis makanan enak dan bayangan itu terus menghantui seharian.

Jika Anda salah satu di antaranya maka pilihlah bergaya hidup aktif. Targetkan waktu berolahraga minimal 150 menit perminggu.


2. Terapkan aturan crowding out

Saat makan, penuhi piring Anda dengan makanan sehat terutama sayur-sayuran. Dengan cara seperti ini, hanya tersisa sedikit tempat bagi makanan tidak sehat. Strategi ini disebut crowding out, dan ahli gizi, pelatih kesehatan, dan atlet menggunakannya sebagai alternatif untuk diet tradisional.

Agar bisa sukses menerapkan aturan crowding out, Anda harus terlebih dulu menyukai makanan sehat.

Perlahan-lahan, cobalah mengganti kebiasaan makan keripik kentang dan tart cokelat menjadi makan alpukat dengan saus salad rendah gula dan kalori atau stroberi denhan dark chocolate.

Satu studi Eropa menemukan perlu waktu setidaknya 18 hari untuk membentuk kebiasaan makan yang baru.


3. Tambahkan sesuatu yang manis

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.