Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2016, 21:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber Eat Well

KOMPAS.com - Penelitian menyebutkan, pola makan Mediterania dapat membantu Anda mencapai berat ideal, mengontrol kadar gula darah dan tingkat depresi. Plus, mengurangi risiko peradangan yang dapat berujung pada sakit jantung, stroke dan Alzheimer. Bagaimana cara menerapkan pola makan Mediterania? Ikuti delapan langkah berikut ini.

 

Ganti mentega dan margarin dengan minyak sehat sesering mungkin.

Gunakan minyak zaitun yang merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung Anda. Pilih minyak zaitun extra-virgin berkualitas tinggi untuk memasak dan memanggang atau sebagai penambah rasa. Alternatif lain adalah minyak canola atau minyak kenari.

 

Ganti sumber protein Anda.

Ganti daging merah dengan protein dari ayam tanpa kulit dan kalkun, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan sumber protein nabati lainnya. Dengan mengganti daging merah, Anda akan menurunkan asupan lemak jenuh.

 

Makan sayuran sepanjang hari.

Kebanyakan orang tidak mengonsumsi sayuran dengan cukup! Rekomendasi yang dianjurkan adalah tiga hingga delapan porsi sayuran sehari. Pilih sayuran dalam berbagai warna untuk mendapatkan kelengkpan antioksidan dan vitamin.

 

Konsumsi gandum dan biji-bijian lainnya.

Quinoa, gandum yang menjadi makanan pokok bangsa Inca kuno adalah pilihan sehat selain gandum utuh. Juga barley yang penuh serat. Pasangkan dengan sup jamur, dan nikmati kala masih panas.

Biji-bijian utuh bersifat mengenyangkan dan berindeks glikemik rendah sehingga bagus untuk insulin Anda. Plus, berserat tinggi, sehingga bagus untuk pencernaan.

 

Jadikan kacang-kacangan, keju rendah lemak atau susu sebagai makanan ringan.

Segenggam almond, kenari atau biji bunga matahari adalah pilihan camilan sehat yang ideal untuk menggantikan camilan lain yang sering sarat dengan gula, lemak jenuh dan lemak trans.

Keju rendah lemak atau yoghurt tanpa lemak adalah pilihan lainnya. Mereka kaya kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang kuat.

 

Nikmati buah untuk pencuci mulut.

Umumnya buah adalah sumber serat, vitamin C dan antioksidan. Buah segar adalah cara yang sehat untuk memenuhi keinginan Anda makan yang manis-manis. Jaga pasokan buah segar di rumah dan bawa buah potong ke tempat kerja Anda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com