Kompas.com - 05/06/2016, 13:55 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Badan si kecil kok tidak kunjung berkembang? Padahal, makannya sudah banyak, tapi berat badannya kenapa tidak naik? Ternyata, ada banyak alasan yang menyebabkan anak sudah makan banyak tapi tetap kurus.

 

Kandungan gizi yang tidak seimbang menjadi salah satu penyebab utamanya. Berikut alasan lainnya yang perlu diketahui.

 

1.Makan asal banyak
Sebagai orangtua, punya tugas memberikan makanan bergizi. Sebagian orangtua memiliki pandangan mengenai anak yang sedang masa pertumbuhan harus diberikan makanan apa saja.

Padahal, kalori dan kandungan gizi yang cukup akan membuat berat badan naik. Selain itu, banyak orangtua yang mencoba membatasi asupan lemak dalam sajian makanannya. Padahal, makanan berlemak juga penting bagi tumbuh dan kembangnya.

 

2.Anak yang senang memilih makanan

Si kecil hanya senang makan sayur yang itu-itu saja? Bisa jadi ia akan mengalami kekurangan gizi yang lainnya sehingga membuat berat badannya tidak naik.

Cobalah aneka variasi menu, sebab di masa pertumbuhan anak membutuhkan banyak asupan gizi yang tidak hanya datang dari satu jenis makanan saja. Biasakan juga anak konsumsi aneka makanan yang lain.

 

3.Masalah kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan juga turut memengaruhi kenaikan berat badan anak. Penyakit diare kronis, hati hingga penyakit pencernaan seperti cacingan membuat berat badan anak cenderung stabil.

Penyakit kerongkongan juga dapat menghambat kenaikan berat badan anak. Hal ini membuat anak tidak menyerap cukup gizi pada makanan.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber NAKITA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.