Kompas.com - 06/06/2016, 21:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Dua jam sebelum tidur adalah waktu ideal untuk kita mengonsumsi makanan. Ini karena tubuh perlu waktu untuk mencerna makanan terlebih dahulu.

Namun, setelah makan malam biasanya kita masih tetap ngemil beberapa saat sebelum tidur. "Biasanya, orang ngemil di malam hari bukan karena rasa lapar, tetapi karena bosan," ujar seorang ahli gizi dari Seatte Sutton's Healthy Eating, Rene Ficek seperti dikutip dari Foxnews.com.

Pada umumnya, kopi paling dihindari di malam hari karena takut mata tetap terjaga sampai tengah malam. Padahal, ada banyak makanan lain yang secara tidak sadar bisa mengganggu tidur jika dikonsumsi sebelum tidur.

Makanan itu bukan hanya menyebabkan Anda sulit tidur, tetapi juga bisa mendorong kenaikan berat badan. Berikut lima makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur.

1. Sereal kemasan

Sereal kemasan umumnya dikonsumsi saat sarapan. Tetapi, ada juga orang yang mengonsumsinya pada malam hari ketika merasa lapar atau sekedar dijadikan camilan sebelum tidur.

Makanan ini sebaiknya dihindari karena sereal mengandung banyak gula dan karbohidrat. Sereal bisa meningkatkan kadar gula darah, padahal tubuh Anda tidak sedang bergerak aktif saat tidur. Konsumsi makanan tinggi gula sebelum tidur tentu menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Burger

Makan burger berisi daging merah bukan saat yang tepat dilakukan sebelum tidur. Burger biasanya mengandung lemak tinggi sehingga dapat memicu sakit maag. Hindari makan burger sebelum tidur jika Anda tak ingin merasa nyeri di dada hingga bolak-balik ke kamar mandi karena sakit perut.

3. Cokelat hitam

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Foxnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.