Kompas.com - 08/06/2016, 05:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Gastro esophageal reflux disease (GERD) atau yang dikenal dengan kondisi naiknya asam lambung merupakan salah satu penyakit yang bisa kambuh saat menjalani puasa.

Dokter spesialis penyakit dalam-konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Epistel P Simatupang mengungkapkan, ada beberapa kebiasaan saat puasa, yang memicu naiknya asam lambung.

"Misalnya, sesudah makan langsung tidur. Ketika lambung terisi penuh, itu memudahkan sekali naik ke esofagus," jelas Epistel di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Posisi berbaring saat tidur itulah yang bisa menyebabkan isi lambung, termasuk asam lambung, berbalik arah ke kerongkongan. GERD bisa menyebabkan dada terasa panas atau seperti terbakar dan sesak.

Menurut Epistel, setelah makan sebaiknya jangan langsung berbaring. Posisi tidur atau berbaring dapat membuka katub lambung yang memudahkan naiknya asam lambung.

Posisi berbaring pun seharusnya lebih tinggi dari lambung untuk mencegah GERD. Epistel mengatakan, naiknya asam lambung sering kali kambuh akibat terlalu banyak makan sebelum tidur malam.

Idealnya, makanlah 2-3 jam sebelum tidur. Dengan melakukan hal ini, Anda memberi waktu pada sistem pencernaan untuk mencerna makanan.

Jenis asupakan makanan saat sahur maupun berbuka puasa pun bisa memengaruhi kenaikan asam lambung. Menurut Epistel, hindari makan berlebihan secara sekaligus saat berbuka puasa, hindari makanan berlemak tinggi, dan kopi karena bisa merangsang asam lebih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Asam Urat
Asam Urat
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.