Kompas.com - 12/06/2016, 22:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Vagina merupakan organ intim wanita yang harus dijaga kebersihannya. Jika tidak, vagina akan mudah terinfeksi virus maupun bakteri.

Dokter ginekologi dari Queensway Gynaecology, London,  Ahmed Ismail mengatakan, vagina yang sehat antara lain, tidak berbau, tak terasa gatal, dan tak terasa panas atau rasa terbakar.

Menurut Ahmed, para wanita harus menjaga kesehatan "Miss V", baik mereka yang aktif secara seksual, maupun tidak. Berikut 8 cara menjaga kesehatan vagina sekaligus membuatnya terhindar dari infeksi, seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

1. Gunakan handuk saat duduk di tempat sauna
Gunakanlah handuk bersih atau handuk pribadi ketika sauna untuk menghindari vaginosis bakterialis atau ketidakseimbangan bakteri di vagina yang bisa memunculkan keputihan berbau tidak sedap.

Tempat duduk maupun berbaring di dalam ruangan sauna bisa jadi terdapat bakteri. Apalagi tempat sauna digunakan bersama-sama orang lain. Jagalah kebersihan ketika menggunakan fasilitas untuk umum, seperti toilet, spa, dan jacuzi.

2. Membersihkan vagina tanpa sabun antibakteri
Ingat, vagina perlu dibersihkan, tetapi tak perlu menggunakan sabun antibakeri. Penggunaan sabun antibakteri bisa mengganggu keseimbangan pH vagina dan membunuh bakteri baik.

Vagina justru akan lebih mudah terinfeksi jika tidak ada bakteri baik. Cucilah vagina dengan air biasa.

3. Hindari pakaian dalam berbahan sintetis
Hindari penggunaan celana dalam berbahan sintesis karena tidak menyerap keringat. Area organ intim bisa menjadi lembab sehingga bakteri akan lebih mudah berkembang biak.

Pilihlah celana dalam berbahan katun yang bisa menjaga area vagina tetap kering dan menurunkan risiko reaksi alergi

4. Bersihkan sex toys
Jika Anda suka menggunakan sex toys untuk masturbasi maupun saat berhubungan seksual, pastikan tangan Anda selalu bersih. Jangan lupa mencuci sex toys dengan sabun dan air hangat untuk mengusir bakteri sehingga mencegah infeksi.

Halaman:
Sumber Dailymail

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.