Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efektifkah Program 10.000 Langkah untuk Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 19/06/2016, 12:45 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang sedang dalam program menurunkan berat badan, mungkin bertanya-tanya, apakah 10 ribu langkah juga bisa membantu melangsingkan badan?

Jawabannya mungkin mengejutkan Anda: "Jika Anda pikir menghitung langkah bisa membuat berat badan turun, justru Anda akan mengalami kenaikan berat badan, ," kata Charlie Seltzer, M.D., spesialis diet di Philadelphia.

"Menghitung langkah adalah hal yang baik untuk Anda jalani setiap hari tapi tidak berhubungan dengan penurunan berat badan."

Menurut Seltzer, terlalu sibuk menghitung langkah akan membuat Anda lupa mengukur berapa banyak kalori yang sudah Anda bakar.

Bisa jadi Anda berpikir, Anda sudah membakar lebih banyak kalori dari yang sebenarnya terjadi. Kemudian, ketika makan, Anda jadi cenderung berlebihan karena Anda pikir Anda sudah membakar kalori dalam jumlah yang sangat banyak.

Menurut Matt Delaney, C.S.C.S., pelatih fitnes di Equinox di New York City, biar bagaimanapun, rutin berjalan kaki tetap memberi kontribusi positif untuk kesehatan namun 10 ribu langkah tidak cukup untuk membuat perubahan yang signifikan dalam penurunan berat badan.

"Untuk sejumlah kecil orang, berjalan kaki mungkin cukup untuk memulai proses penurunan berat badan. Tapi, bagi kebanyakan dari kita, itu masih belum cukup."

Jika Anda ingin membabat bobot tubuh, fokuslah juga pada apa yang Anda makan. Anda perlu mencari tahu berapa banyak kalori yang Anda konsumsi setiap hari supaya setiap minggu Anda bisa menurunkan bobot sebanyak 1,5-2 Kg.

Meminta seseorang untuk menghabiskan waktu demi terus-menerus fokus pada hitungan 10 ribu langkah, hanya akan membuahkan kegagalan. Orang-orang akan bosan dan frustasi.

Program latihan terfokus seperti yang banyak orang lakukan di gym, justru lebih efektif dan lebih tidak memakan waktu.

Lagipula, jika Anda bisa berolahraga selama 30-45 menit dengan hasil yang lebih baik, mengapa memusingkan diri untuk menghabiskan setengah atau seharian penuh menghitung langkah perjalanan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com