Kompas.com - 20/06/2016, 10:17 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anda yang rutin mendonasikan darah di kantor PMI atau kegiatan donasi darah bersama, mungkin tak tahu perjalanan sekantong darah tersebut. Setelah darah selesai diambil, selesai pula urusan kita dengan darah tersebut.

Bila kita mengetahui apakah darah tersebut bermanfaat atau bisa dipakai untuk menolong orang lain, barangkali kita akan lebih bersemangat melakukan donasi darah secara rutin.

Nah, cara tersebut dicoba oleh Pemerintah Inggris untuk mendorong warganya menyumbangkan darah. Setiap donor akan mendapat pesan singkat atau SMS ketika darahnya telah digunakan.

Isi pesan singkat tersebut memberi informasi bahwa darah yang disumbangkan telah menyelamatkan jiwa seseorang. Itu artinya, darah telah dikirim ke rumah sakit untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Menurut NHS Blood and Transplant di Inggris, cara ini digunakan untuk menunjukkan betapa pentingnya donasi darah. Mereka berharap layanan terbaru ini dapat mendorong orang untuk rutin menyumbang darah dan menginspirasi orang lain yang belum pernah donasi darah.

"Kami selalu mencari cara baru untuk mendorong donasi dan kami berharap layanan SMS baru ini akan menunjukkan betapa pentingnya donasi darah yang digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan," kata Mike Stredder, direktur donasi darah di NHS Blood and Transplant.

Donasi darah pun sangat cepat dan mudah. Semua darah akan mendapat penapisan (screening) sebelum diberikan ke orang yang membutuhkan.

Meski penyumbang darah tak bertemu orang yang menggunakan darahnya, pesan singkat tersebut akan mengingatkan betapa donasi darah sangat berarti bagi kehidupan orang lain.

Darah sangat dibutuhkan dalam keadaan darurat atau secara terus-menerus untuk pasien yang menjalani perawatan medis. Menurut situs NHS Blood and Transplant, kebutuhan darah sangat tinggi. Setidaknya, dibutuhkan 6.000 donasi darah setiap harinya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X