Kompas.com - 20/06/2016, 13:15 WIB
Ilustrasi thinkstockphotos.comIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada alasan mengapa beraktivitas pagi hari di bawah sinar matahari baik untuk tubuh. Paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D. Itu juga mengapa bayi sebaiknya sering dijemur pada pagi hari.

Vitamin D diperlukan manusia sejak bayi sampai lanjut usia. Ternyata banyak manfaat vitamin yang jarang kita ketahui. Berikut manfaat vitamin D seperti dikutip dari Boldsky.com

1. Menunda timbulnya degenerasi makula

Degenerasi makula merupakan masalah penglihatan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Penyakit ini sering terjadi pada orang di atas 50 tahun. Munculnya makula bisa dihambat oleh kebiasaan makan sehat dan mendapat vitamin D secara teratur.

2. Menguatkan otot Vitamin D

Membantu penyerapan kalsium sehingga membuat otot-otot kuat dan berfungsi dengan baik. Asupan vitamin D yang cukup dinilai dapat mencegah terjadinya kejang, berkedut, dan kram. Sejumlah penelitian menunjukkan, vitamin D membuat orang tua memiliki tulang dan otot yang kuat.

3. Penurunan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D memiliki kecenderungan kenaikan berat badan dalam periode tertentu. Jika tubuh cukup mendapat vitamin D, dipercaya dapat membantu mencegah kenaikan berat badan.

4. Meredakan gejala fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan penyakit yang bisa menyebabkan nyeri sendi dan otot, depresi, kecemasan, dan kelelahan. Meski vitamin D bukan obat fibromyalgia, pemberian vitamin D secara teratur dipercaya dapat mengurangi gejala fibromyalgia.

5. Menurunkan risiko sakit jantung

Bagi wanita yang sudah menopause, mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian juga menunjukkan, wanita yang mendapat vitamin D secara rutin lebih rendah risikonya terkena fibroid rahim, yaitu tumor jinak di rahim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.