Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Minyak Zaitun Lindungi Tubuh dari Efek Polusi Udara

Kompas.com - 20/06/2016, 15:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda tahu bahwa minyak zaitun memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko kanker, menurunkan tekanan darah, dan melawan keriput.

Sekarang, bukti baru yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives menunjukkan, bahwa minyak zaitun juga dapat melindungi tubuh Anda dari efek polusi udara.

Para peneliti di Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) merekrut tiga kelompok setengah baya untuk menguji apakah mengonsumsi berbagai jenis minyak bisa melawan risiko kesehatan yang terkait dengan polusi udara.

Menghirup udara tercemar dapat meningkatkan tekanan darah, merusak fungsi pembuluh darahi, dan bahkan memicu stroke dan serangan jantung pada orang dengan masalah jantung.

Kelompok pertama dalam penelitian ini mengonsumsi tiga pil minyak ikan setiap hari, kelompok kedua mengonsumsi tiga kapsul minyak zaitun kedua (setara dengan sekitar 2/3 sendok teh) setiap hari, dan kelompok ketiga tidak mengonsumsi suplemen apapun.

Setelah satu bulan, semua peserta diminta menghabiskan beberapa jam untuk menghirup udara segar bebas polusi dan udara tercemar. Setelah itu, para peneliti memeriksa kesehatan jantung mereka, termasuk tekanan darah dan fungsi arteri.

Mereka menemukan, bahwa minyak zaitun- bukan minyak ikan- mampu meningkat respon tubuh terhadap paparan udara tercemar.

Minyak zaitun secara signifikan meningkatkan kemampuan pembuluh darah 'untuk merespon stres yang dipicu oleh polusi udara, meningkatkan kadar protein dalam darah yang disebut tPA, yang berguna untuk mencegah pembekuan darah.

"Penggumpalan adara adalah penyebab serangan jantung dan stroke. Peningkatan kadar tPA dipercaya akan menurunkan risiko penggumpalan darah," kata Wayne Cascio, MD, direktur Divisi Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan EPA, sekaligus penulis penelitian.

Para peneliti juga percaya bahwa asam oleat, salah satu komponen di dalam minyak zaitun, yang memiliki sifat anti-inflamasi, juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh melawan risiko gangguan kesehatan akibat polusi udara.

Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun pada salad Anda supaya Anda bisa merasakan manfaat yang diungkap oleh penelitian ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com