Kompas.com - 23/06/2016, 19:09 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bila Anda menemukan buah hati mengalami kesulitan berkonsentrasi saat belajar atau mengerjakan PR, mungkin sudah saatnya untuk mengubah warna dinding kamarnya, saran sebuah studi baru dari Australia.

Peneliti menemukan, bahwa kamar dengan dinding berona merah atau kuning bisa membantu siswa untuk belajar lebih baik.

"Kondisi warna yang hidup dapat meningkatkan gairah ke tingkat optimal, termasuk gairah belajar," kata penulis studi Aseel Al-Ayash.

Untuk melihat efek warna dinding terhadap kemampuan konsentrasi belajar, peneliti membagi peserta dalam enam kamar yang berbeda warna.

Peserta diminta untuk membaca sebuah pelajaran, kemudian peneliti memberikan tes berupa pertanyaan tentang pelajaran tersebut. Hasilnya, responden yang belajar dalam kamar berdinding merah dan kuning menjawab secara signifikan lebih benar.

"Aspek ketenangan dan relaksasi tidak dapat membantu siswa untuk waspada dan aktif," kata Al-Ayash.

“Sebaliknya, kamar berwarna terang dapat menstimulasi aktivitas saraf. Sehingga, studi ini bisa berdampak pada cara sekolah dan universitas dalam membangun fasilitas mereka.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.