Bolehkah Pasien Diabetes Makan Buah Manis?

Kompas.com - 27/06/2016, 14:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasien diabetes sering kali dilarang terlalu banyak konsumsi makanan yang manis. Bagaimana dengan buah-buahan yang manis?

Dokter spesialis gizi klinik dari Mayapada Hospital, Lebak Bulus, Pauline Endang Praptini mengatakan, pasien diabetes boleh saja makan buah-buahan yang manis seperti pepaya, semangka, pisang. Namun, dianjurkan untuk dikonsumsi dalam buah utuh atau buah potong.

"Yang punya penyakit diabetes, pilihan buahnya adalah buah potong. Misalnya makan pepaya potong. Jangan diblender," kata Pauline dalam acara Ngabuburit Bersama Sunpride di Jakarta, Sabtu (25/6/2016).

Pauline menjelaskan, dengan makan buah potong, gula darah akan naik secara bertahap. Sedangkan jika buah sudah diblender atau jadi jus, penyerapan akan lebih cepat, sehingga gula darah pun bisa langsung melonjak tinggi.

Pasien diabetes tipe 2 mengalami resistensi insulin. Insulin membantu penyerapan gula darah ke dalam sel-sel di tubuh. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kerja insulin tidak optimal, maka gula dalam darah akan tinggi.

Karena itu, konsumsi makanan manis boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Hal ini sebenarnya juga berlaku untuk orang yang tidak diabetes.

Perlu diingat, saat berbuka puasa juga jangan terlalu kalap ingin menyantap semua hidangan di meja. Makanlah secara bertahap dan perlahan.

Selama puasa, pasien diabetes pun tak boleh meninggalkan konsumsi obat. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang diminum. Jangan sampai mengalami hipoglikemi atau rendahnya gula darah.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X