Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2016, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Bahan makanan yang terbuat dari biji serelia utuh atau dikenal dengan istilah whole grain selalu masuk dalam daftar utama makanan yang menyehatkan. Apa saja manfaat makanan ini bagi tubuh?

Serelia utuh merupakan biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, biji, dan benih. Misalnya saja oat, barley, sorgum, quinoa, beras yang belum digiling, dan gandum utuh.

Whole grain dianggap menyehatkan karena makanan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral, misalnya zat besi, folat dan magnesium, serta tentunya serat.

Penelitian menunjukkan, orang yang lebih sering mengonsumsi whole grain memiliki berat badan yang lebih sehat dan risikonya menderita penyakit diabetes atau jantung, lebih rendah.

Konsumsi whole grain juga mampu memberikan energi lebih lama, sehingga cocok dijadikan menu sahur atau pun sarapan karena membuat perut kenyang lebih lama.

Manfaat lain dari serelia utuh adalah menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, serta kandungan mineral di dalamnya bisa membantu melawan stres oksidatif.

Saat ini memang agak sulit menemukan penjual whole grain yang masih dalam bentuk biji. Produk olahan whole grain justru yang sudah banyak dijual di pasaran, mulai dari bentuk tepung hingga makanan olahan (seperti roti gandum, biskuit, oatmeal, atau sereal).

Sebelum membeli makanan mengandung whole grain, pastikah dalam label kemasan apakah terdapat istilah whole grain, gandum utuh, atau oat utuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com