Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2016, 11:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Berpelukan bukan hanya adegan romantis yang dilakukan sepasang kekasih. Berpelukan bisa dilakukan bersama orang-orang tersayang dan terjadi dalam berbagai kondisi.

Misalnya, seorang ibu memeluk anaknya yang terbangun dari mimpi buruk. Sang anak pun kemudian akan merasa lebih tenang. Atau seorang ayah memeluk anaknya yang memiliki hasil ujian baik.

Setiap pelukan tersebut ternyata membawa manfaat bagi kesehatan. Bahkan sebuah studi menyatakan, kita semua membutuhkan 4 pelukan dalam sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan dalam sehari untuk menjaga kesehatan, dan 12 pelukan dalam sehari untuk membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Berikut 7 manfaat dari berpelukan seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Berpelukan ternyata bisa mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, Anda tak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu, berpelukan juga dapat mengurangi rasa sakit, memberikan energi bagi pasien kanker, hingga membantu bayi lahir prematur untuk bertahan hidup.

2. Membuka komunikasi
Sebuah pelukan dapat membuat seseorang lebih terbuka dalam berkomunikasi karena merasa aman. Pelukan memudahkan seseorang untuk membagi cerita yang telah mengganggu pikirannya.

3. Memperbaiki suasana hati
Berpelukan dapat membuat suasana hati lebih baik. Ketika merasa lebih baik, ada zat kimia yang dilepaskan di otak bernama oksitosin. Anda akan merasa lebih aman, dicintai dan dipercaya. Berpelukan juga meningkatkan produksi hormon serotonin yang membuat seseorang merasa bahagia.

4. Membangun harga diri
Memeluk bisa membangun kepercayaan diri seseorang. Contohnya adalah dengan memeluk anak. Anak akan merasa dicintai dan mendapat perhatian. Hal ini bisa membangun harga diri anak dan membantu mereka untuk tumbuh dengan baik.

5. Menurunkan tekanan darah
Berpelukan bisa menjadi obat untuk orangtua Anda. Dengan memeluk, dapat menjaga tekanan darah lebih terkontrol. Sebuah sentuhan akan mengirimkan sinyal ke saraf Vagus yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Meningkatkan kesabaran
Banyak orang telalu sibuk sehingga tak memiliki waktu untuk menunggu atau mendengarkan orang lain. Cukup dengan berpelukan, Anda bisa meningkatkan kesabaran seseorang. Secara tidak langsung membantu seseorang lebih sabar ketika menghadapi masalahnya.

7. Menjaga kesehatan jantung
Penelitian membuktikan, sebuah pelukan yang hangat dapat menjaga jantung berdetak normal. Berpelukan dapat menjaga kesehatan jantung. Ini menjadi salah satu alasan yang paling penting mengapa berpelukan dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com