Sering Pingsan dan Kelelahan, Ternyata Remaja Ini Idap Penyakit Serius

Kompas.com - 08/07/2016, 11:15 WIB
Katie Davis Cosmopolitan.comKatie Davis
EditorLusia Kus Anna

Ketika Katie Davis memasuki pubertas di usia 12 tahun, ia mulai sering merasa kelelahan. Keluarganya mengira hal itu efek dari menstruasinya.

Lalu suatu hari, Katie bangun dari tidur siang di rumahnay di Ohio dan pingsan. Ia lalu dibawa ke rumah sakit dengan ambulans, dan dokter melakukan sejumlah tes darah.

"Saya bahkan tidak sanggup bangun untuk menemui orang-orang. Secara fisik saya tidak sanggup melakukan apa pun. Itu sangat menakutkan," kata Katie yang kini berusia 22 tahun.

Salah satu hal aneh yang membuat Katie dan juga staf medis bingung adalah detak jantung dan tekanan darahnya naik turun tak beraturan, padahal ia sedang tertidur. Pada akhirnya rumah sakit mengijinkannya pulang karena hasil semua tes menunjukkan ia normal.

Di rumah, Katie semakin kehilangan energi untuk menjalani hari-harinya. "Saya stuck di tempat tidur di ruang tamu selama tiga bulan. Selain ke dokter, saya tak pernah meninggalkan rumah," ujarnya.

Sang ibu terus berupaya meminta penjelasan dokter akan kondisi Katie, tetapi setiap dokter yang ditemui rata-rata mengatakan tak ada penyakit tertentu, Katie hanya melewati masa pubertas atau takut sekolah di tingkat SMP.

"Dokter terus mengatakan semua ada di kepala saya, dan ia meminta saya menemui psikiatri, tapi ibu tidak pernah mempercayainya," kata Katie.

Ia pun harus melewatkan kelas 6 karena tak bisa ke mana-mana. Semua kebutuhannya diurus ibunya, mulai dari mandi hingga pakai baju, untuk bangun dari tidur pun Katie merasa tidak bertenaga. Ia menjalani hidup seperti itu selama satu tahun.

Diagnosis

Menginjak usia 13 tahun, Katie diperiksa oleh dokter jantung untuk pemeriksaan tilt table test. Dalam pemeriksaan untuk pasien yang sering pingsan ini, pasien dalam posisi telentang diikat ditempat tidur yang bisa diberdirikan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X