Kompas.com - 14/07/2016, 12:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tak hanya tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah juga bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan. Tekanan darah rendah atau hipotensi menyebabkan berkurangnya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.

Tekanan darah rendah bisa memicu terjadinya stroke dan serangan jantung. Untuk itu, kenali tanda awal terjadinya tekanan darah rendah seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Pusing
Pusing merupakan gejala paling umum dari tekanan darah rendah. Pusing bisa terasa saat berubah posisi, seperti berdiri setelah lama duduk atau beranjak dari kasur.

2.Pingsan
Jatuh pingsan bisa terjadi karena tekanan darah mengurangi sirkulasi darah di otak. Akibatnya otak kekurangan oksigen dan terjadi hilangnya kesadaran.

3. Penglihatan kabur
Aliran darah berkurang ke sejumlah organ vital ketika tekanan darah rendah. Kekurangan oksigen dan nutrisi menyebabkan fungsi organ tidak optimal, termasuk penglihatan kabur.

4. Detak jantung tak normal
Jantung juga bagian yang paling terpengaruh ketika tekanan darah rendah. Detak jantung menjadi tidak normal, seperti berdebar kencang atau tidak teratur.

5. Kulit pucat
Kurangnya aliran darah juga bisa sampai ke lapisan kulit luar. Akibatnya, kulit pun bisa terlihat pucat atau menguning.

6. Otot leher kaku
Otot leher ikut berperan dalam mengontrol tekanan darah, denyut jantung dan pernapasan. Ketika tekanandarah menurun, bisa menyebabkan otot leher yang kaku.

7. Berkeringat
Tekanan darah rendah bisa menyebabkan kehilangan cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Kurangi aktivitas ketika keringat mulai berlebihan diikuti tekanan darah rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BOLDSKY

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.