Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapi Kecantikan Terbaru Mampu Kurangi Efek Buruk Sinar Matahari hingga 73 Persen

Kompas.com - 15/07/2016, 10:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Selai kacang dan agar agar. Sup dan salad. Garam dan merica. Ada beberapa hal yang memang akan semakin baik jika tampil bersama-sama. Hal yang sama berlaku untuk produk perawatan kulit.

Keberadaan dua macam zat dalam satu produk, atau jika digunakan bersamaan, akan mempercepat perbaikan keriput yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV matahari.

Sebuah studi dalam Journal of Clinical dan Aesthetic Dermatology, NYC dokter kulit Bruce Katz, MD, menciptakan sebuah molekul baru dengan memadukan dosis tinggi retinol dengan alpha hydroxy acids (AHAs).

Dia melihat peningkatan dalam penampilan dan tekstur kulit pasien yang rusak akibat paparan sinar UV, hingga sebesar hingga 73 persen. Dua bahan ini sudah banyak dipakai di ratusan produk kecantikan. Mereka bekerja secara sinergis ketika menjadi molekul tunggal.

"AHA menyerap kelembaban dan menghidrasi kulit, mengurangi efek iritasi dari retinoid, sehingga kita dapat menaikkan dosisnya, bahkan menjadi lebih tinggi dari dosis yang biasa diresepkan oleh dokter kulit," kata Katz, profesor dermatologi klinis di Ichan School of Medicine Mount Sinai Hospital.

"Plus, AHA meningkatkan permeabilitas kulit, sehingga retinoid bisa lebih cepat meresap ke dalam kulit."

Molekul two in one ini belum dirilis di pasaran dan belum memiliki nama resmi. Sambil menunggu, Katz menyarankan pemakaian produk yang mengandung retinol dan AHA dengan aturan seperti berikut ini, dua kali sehari ini setelah wajah dibersihkan:

1. Kandungan AHA (glycolic atau asam laktat) delapan sampai 10 persen.

2. Retinoid atau Retinol satu persen tambahkan ke produk serum atau pelembab yang biasa Anda pakai.

Jangan lupa periksa juga kandungan bahan yang lain seperti SPF 30 dengan seng, titanium dioksida, atau avobenzone untuk hasil yang lebih maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com