Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Daging Merah Tingkatkan Risiko Penyakit Ginjal

Kompas.com - 22/07/2016, 09:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Mengganti daging merah dengan sumber protein lain seperti ayam dan ikan, dapat mengurangi risiko gagal ginjal, begitulah menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Singapura.

Penurunan terjadi hingga 62 persen terkait dengan risiko stadium akhir penyakit ginjal - yang membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal.

Hampir semua daging merah yang dikonsumsi oleh peserta studi adalah daging babi. Penelitian ini dipimpin oleh Profesor Koh Woon Puay dari Duke-NUS Medical School dan NUS Saw Swee Hock School of Public Health.

Penelitian dilakukan selama periode 15 tahun pada lebih dari 60.000 orang dewasa Cina di Singapura. Peserta berusia antara 45 dan 74 tahun pada awal studi tersebut.

Tidak ada hubungan yang ditemukan antara gagal ginjal dan konsumsi unggas, ikan, telur atau produk susu, sementara kedelai dan kacang-kacangan lainnya dapat mengurangi risiko gagal ginjal, studi ini menemukan.

Hasil temuan konsisten dengan temuan lain yang meneliti pola makan Barat yang banyak mengonsumsi daging sapi dan olahan.

Jumlah moderat

Cara terbaik mengonsumsi daging merah adalah memakannya dalam jumlah sedang. Misalnya, alih-alih makan daging merah setiap hari, lebih baik mengganti atau menyelinginya dengan daging lain seperti unggas dan ikan, atau protein nabati seperti kedelai dan kacang-kacangan.

Profesor Koh Woon Puay, yang memimpin studi tersebut, mengatakan tidak perlu berhenti makan daging merah secara total jika Anda belum bisa. Dia mengatakan, "Yang terbaik adalah makan daging merah dalam jumlah moderat."

Sementara itu, Profesor Chan Choong Meng, seorang konsultan senior, dan profesor Woo Keng Thye, konsultan emeritus, mencatat bahwa orang membutuhkan protein untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dalam memerangi infeksi.

Anda harus memastikan bahwa kebutuhan protein Anda terpenuhi dari sumber lain seperti telur dan susu, jika memilih untuk tidak makan daging, ikan atau makanan laut lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com