Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penglihatan Tetap Buram meski Pakai Kacamata? Waspadai Katarak

Kompas.com - 23/07/2016, 17:33 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Katarak merupakan penyakit degeneratif yang umumnya muncul pada usia di atas 50 tahun. Jika terus dibiarkan, kekeruhan pada lensa mata itu bisa menyebabkan kebutaan. Tanda-tanda munculnya katarak seharusnya diketahui sejak dini.

Dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Nasrul Ikhsan mengungkapkan, tanda munculnya katarak umumnya penglihatan menjadi buram karena bagian lensa mata keruh. Meski dibantu dengan kacamata, penglihatan pun akan tetap buram bagi pasien katarak.

"Kemudian silau melihat lampu, melihat malam lebih terang daripada siang karena perubahan pupil," kata Nasrul seusai acara Kick Off 910 Operasi Katarak di JEC Kedoya, Jakarta, Sabtu (23/7/2016).

Tanda katarak lainnya, yaitu muncul noda putih di tengah bola mata. Jika dibiarkan, kekeruhan lensa meluas hingga menyebabkan hilangnya penglihatan.

Menurut Nasrul, jika sudah mengganggu atau mengeluh karena penglihatan buram, sebaiknya segera operasi katarak untuk mencegah kebutaan.

"Jangan sampai (lensa) keruh total, nunggu penglihatan buram semua. Kalau katarak sudah keras, lebih susah nanti operasinya," jelas Nasrul.

Setelah menjalani operasi, penglihatan pasien pun dapat kembali seperti semula.  Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, setiap tahunnya ada 0,1 pasien katarak baru di Indonesia atau sekitar 250.000 orang. Namun, kemampuan mengurangi jumlah pasien buta katarak di Indonesia baru 180.000 operasi per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com