Ukuran Payudara Bisa Bikin Wanita Stres

Kompas.com - 27/07/2016, 19:57 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kenyataan bahwa ukuran payudara bisa berubah tak membuat semua wanita senang. Sebagian wanita justru merasa stres karena hal ini.

Rata-rata perempuan mengalami perubahan ukuran payudara antara 4-6 kali semasa hidupnya. Mulai dari anak kecil menginjak remaja, lalu dewasa, akibat siklus bulanan, penggunaan alat kontrasepsi, perubahan berat badan, kehamilan, dan menyusui bisa mengubah ukuran, bentuk, dan rasa dari payudara.

Penulis buku Boobs: A Guide to Your Girls, Elisabeth Squires mengatakan kalau ukuran tersebut bisa mempersulit wanita. Tak hanya secara fisik, tapi juga secara psikologis.

Secara fisik, ukuran yang berubah tersebut memerlukan ‘perawatan’ khusus. Seperti jika sedang menyusui, ukuran payudara akan naik 2-4 ukuran cup. Tentunya membuat wanita mencari bra baru dan meninggalkan bra ukuran lama mereka.

Masalah akan bertambah, jika modal awal ukuran payudara wanita tersebut sudah besar. Sebab tak mudah menemukan bra berukuran jumbo. Kalaupun ada, harga dan modelnya tak selalu cocok dengan kantong dan keinginan.

Secara psikologis, seorang wanita mungkin merasa risih, malu, atau sebal jika memiliki payudara berukuran super besar. Atau malah sebaliknya, mereka akan merasa tertekan jika ukuran payudara tak sebesar teman-temannya.

Perubahan ukuran payudara juga bisa membuat wanita berpikir apakah pasangannya tetap sayang atau malah menganggap hal tersebut aneh. Banyak wanita yang justru tak ingin payudaranya terus bertambah ukurannya.

Tak jarang wanita bertanya “apakah kamu masih sayang padaku jika ukuran payudaraku berubah?” Ini menunjukkan, kalau perubahan fisik tak selamanya berdampak baik bagi psikis.

“Kalau sudah demikian, yang dibutuhkan oleh seorang wanita adalah rasa percaya diri yang tinggi. Para pria bisa membantu pasangannya dengan memberi semangat, dengan catatan semangat yang tulus,” imbuh Squires seperti dikutip dari situs MensHealth.


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X