Kompas.com - 01/08/2016, 07:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Saat kita tiba-tiba pusing dan limbung, atau mata berkunang-kunang serta mood jelek, sering kita berkata itu adalah karena kadar gula darah yang rendah. Tapi apa sebenarnya gula darah rendah itu?

Benarkan gula darah rendah yang patut disalahkan akan kondisi limbung yang Anda alami? Dan bagaimana kita tahu bahwa memang kadar gula darah kita turun pada saat itu?

"Gula darah rendah" adalah istilah yang sering kita dengar. Dalam istilah medis, kami menyebutnya hipoglikemia, kata Jessica Cording, R.D., seorang dokter di New York.

Hipoglikemia terjadi ketika kadar glukosa di dalam darah yang merupakan sumber energi Anda, kadarnya turun di bawah normal.

"Karena tubuh kita membutuhkan glukosa untuk bahan bakar, menjaga aliran glukosa darah sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh kita," jelas Karen Ansel, RDN, penulis buku The Calendar Diet: A Month by Month Guide to Losing Weight While Living Your Life.

Kita mendapatkan glukosa dari makanan yang kita makan. Itulah mengapa, beberapa orang sering mengeluh pusing dan berkata gula darah mereka rendah, saat mereka terlambat makan. Selain terlambat atau kurang makan, beberapa jenis pengobatan dan kelebihan konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan hipoglikemia. Gejalanya adalah gemetar, mudah marah, atau lemas, kata Cording.

Penderita hipoglikemia juga biasanya merasakan kecemasan, berkeringat, dan tidak bisa berkonsentrasi. Mereka dengan kondisi diabetes atau hepatitis lebih mungkin untuk mengalami komplikasi gula darah rendah dan ini bisa berbahaya bagi mereka, kata Ansel.

"Jika sampai benar-benar parah, Anda bisa pingsan karena tubuh tidak memiliki energi untuk melakukan apa yang perlu dilakukan," kata Cording.

Tetapi, untuk orang-orang dalam kondisi yang sehat, biasanya tidak ada bahaya yang akan terjadi jika mengalami gula darah rendah sementara. Beberapa orang ada yang cenderung biasa dengan kondisi kadar gula darah rendah. Mereka ini, tak akan merasa sakit atau lemas jika kadar gulanya turun sedikit.

Sebaliknya, ada juga orang yang sensitif terhadap penurunan kadar gula walau penurunannya hanya sedikit. Kadar gula darah disebut rendah, jika kurang dari 70 miligram per desiliter dan ini jarang terjadi pada orang-orang yang sehat.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.