6 Sebab Berat Badan Anda Tak Kunjung Turun

Kompas.com - 02/08/2016, 08:35 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Membuat jurnal makanan? Sudah dilaksanakan. Olahraga teratur? Juga sudah. Konsumsi serat? Sudah banyak. Tapi, kenapa berat badan tidak bisa turun lagi untuk mencapai berat ideal. Kadang juga, angka di timbangan membingungkan, karena turun naik hanya dalam hitungan hari.

"Berat badan dapat berfluktuasi hingga dua kilogram di hari-hari tertentu," kata Pamela Wartian Smith, MD, penulis buku Why You Can't Lose Weight. Berat badan berfluktuasi tapi intinya, akan kembali ke angka semula dan tidak turun lagi. Mengapa? Ini kemungkinan penyebabnya.


Anda Tidak Minum Cukup Air

Kita semua telah mendengar betapa pentingnya H2O dalam upaya menurunkan berat badan. Air dapat membantu menekan nafsu makan.

Selain itu, ketika Anda mengalami dehidrasi, ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga tubuh akan "beralih" ke hati untuk mendapat dukungan tambahan.

Karena hati bekerja begitu keras maka lemak yang Anda konsumsi akan disimpan alih-alih dibakar menjadi energi.


Anda Kurang Protein

Beberapa studi menunjukkan bahwa diet protein tinggi akan membuat berat badan naik di awal program diet. Protein meningkatkan rasa kenyang dan mencegah Anda kehilangan massa otot.

Massa otot sangat penting karena itulah yang membantu tubuh Anda membakar lemak dengan efektif. Kehilangan massa otot berarti tubuh tidak bisa membakar lemak dengan efektif.


Asupan kalori tidak tepat

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X