Kompas.com - 04/08/2016, 10:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Jalan pagi atau menyusuri jalur sepeda bisa memberikan energi ekstra. Namun, bila Anda ingin mendapatkan lebih banyak manfaat dari olahraga santai, cobalah latihan tai chi.

"Tidak ada latihan yang lebih baik, menurut pendapat saya, untuk keseimbangan dan fleksibilitas, bahkan untuk menunda penuaan," kata Joseph Feurerstein, MD, asisten profesor kedokteran klinis di Columbia University.

Berikut empat manfaat awet muda yang diberikan oleh tai chi.

1. Memperlambat penuaan

Tahun lalu, para peneliti melaporkan bahwa relawan yang terlibat dalam tai chi memiliki sejumlah sel CD 34+ yang lebih tinggi dalam jumlah cukup signifikan ketimbang kelompok yang tidak berolahraga sama sekali.

Itulah kunci awet muda karena CD 34+ merupakan sel yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel baru dan pembaruan sel dalam tubuh.

2. Meningkatkan kekuatan

Setelah usia 30-an, kekuatan otot mulai menurun dan penurunan massa otot akan benar-benar cepat setelah usia 65 tahun. Kurangnya otot berisiko yang lebih besar untuk mudah jatuh dan patah tulang.

Tai chi menyediakan cara yang lembut untuk melestarikan otot. Dalam penelitian yang melibatkan lebih dari 50 orang, tai chi dapat meningkatkan nilai para relawan pada tes daya tahan dan kekuatan.

3. Meredakan nyeri lutut

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.